Info lebih lanjut Hubungi !!!
Sepertinya setiap industri memiliki bahasa rahasianya sendiri dan mengetahui bahasanya adalah pintu masuk ke lingkaran dalam indikator bahwa Anda benar-benar cocok. Jadi jika Anda mulai berpikir untuk mengejar karir di bidang akuntansi , langkah pertama Anda adalah membiasakan diri dengan beberapa istilah, akronim, dan singkatan akuntansi dasar di lapangan.
Karena kredensial yang membingungkan , mitos akuntansi yang berbeda dan istilah industri ini, tidak jarang orang berpikir bahwa bekerja di bidang akuntansi tidak dapat diakses padahal sebenarnya itu hanya memiliki bahasa uniknya sendiri. Mengetahui bagaimana “berbicara tentang pembicaraan” akan memungkinkan Anda untuk kurang fokus pada definisi akuntansi dan lebih banyak pada pelatihan penting yang Anda perlukan untuk memulai karir akuntansi yang sukses.
Saatnya menyingsingkan lengan baju dan mulai membangun kosakata akuntansi Anda. Untuk membantu Anda memulai, kami mengumpulkan bermacam-macam istilah dan akronim keuangan dasar dan membuat glosarium akuntansi sederhana ini untuk pemula.
Lihatlah definisi akuntansi dasar ini dan mulailah mengingatnya. Dengan begitu, ketika Anda memulai perjalanan pendidikan akuntansi Anda, Anda akan merasa seperti Anda selangkah lebih maju dan berbicara bahasanya. Berikut 30 istilah akuntansi dasar :
Definisi piutang dagang (AR): Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan atau klien untuk bisnis setelah barang atau jasa telah dikirim dan atau digunakan.
Definisi Akuntansi (ACCG): Cara sistematis untuk mencatat dan melaporkan transaksi keuangan untuk bisnis atau organisasi.
Definisi hutang dagang (AP): Jumlah uang yang harus dibayar perusahaan kepada kreditor (pemasok, dll.) Sebagai imbalan atas barang dan / atau jasa yang telah mereka kirimkan.
Definisi Aset (tetap dan lancar): Aset lancar (CA) adalah aset yang akan dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun. Biasanya, ini bisa berupa uang tunai, inventaris atau piutang. Aset tetap (FA) bersifat jangka panjang dan kemungkinan besar akan memberikan keuntungan bagi perusahaan selama lebih dari satu tahun, seperti real estate, tanah atau mesin utama.
Definisi kelas aset: Kelas aset adalah sekelompok sekuritas yang berperilaku serupa di pasar. Tiga kelas aset utama adalah ekuitas atau saham, pendapatan tetap atau obligasi, dan setara kas atau instrumen pasar uang.
Definisi Neraca (BS): Laporan keuangan yang merangkum aset perusahaan (apa yang dimilikinya), kewajiban (apa yang terutang) dan ekuitas pemilik atau pemegang saham, pada waktu tertentu.
Definisi Capital (CAP): Aset keuangan atau nilai aset keuangan, seperti uang tunai atau barang. Modal kerja dihitung dengan mengambil aset Anda saat ini dikurangkan dari kewajiban lancar — pada dasarnya uang atau aset yang dapat digunakan organisasi untuk bekerja.
Definisi Arus Kas (CF): Pendapatan atau beban yang diharapkan dihasilkan melalui aktivitas bisnis (penjualan, manufaktur, dll.) Selama periode waktu tertentu.
Definisi akuntan publik (CPA): Penunjukan yang diberikan kepada seorang akuntan yang telah lulus ujian CPA standar dan memenuhi pengalaman kerja yang diamanatkan pemerintah dan persyaratan pendidikan untuk menjadi CPA .
Definisi harga pokok penjualan (COGS): Pengeluaran langsung yang terkait dengan produksi barang yang dijual oleh suatu bisnis. Rumus untuk menghitung ini akan bergantung pada apa yang diproduksi, tetapi sebagai contoh ini mungkin termasuk biaya bahan mentah (suku cadang) dan jumlah tenaga kerja yang digunakan dalam produksi.
Definisi Kredit (CR): Entri akuntansi yang dapat menurunkan aset atau meningkatkan kewajiban dan ekuitas pada neraca perusahaan, tergantung pada transaksinya. Saat menggunakan metode akuntansi entri ganda, akan ada dua entri yang dicatat untuk setiap transaksi: kredit dan debit.
Definisi Debit (DR): Entri akuntansi di mana ada peningkatan aset atau penurunan kewajiban di neraca perusahaan.
Definisi diversifikasi: Proses mengalokasikan atau menyebarkan investasi modal ke dalam berbagai aset untuk menghindari risiko yang berlebihan.
Definisi agen terdaftar (EA): Seorang profesional pajak yang mewakili pembayar pajak dalam hal-hal yang berurusan dengan Internal Revenue Service (IRS).
Pengeluaran (FE, VE, AE, OE) Definisi: Biaya tetap, variabel, yang masih harus dibayar atau sehari-hari yang mungkin ditimbulkan oleh bisnis melalui operasinya.
Biaya tetap (FE) :pembayaran seperti sewa yang akan terjadi dalam irama yang dijadwalkan secara teratur.
Biaya variabel (VE): pengeluaran, seperti biaya tenaga kerja, yang dapat berubah dalam periode waktu tertentu.
Biaya masih harus dibayar (AE): biaya timbul yang belum dibayar.
Biaya operasi (OE) : pengeluaran bisnis yang tidak terkait langsung dengan produksi barang atau jasa — misalnya, biaya iklan, pajak properti, atau pengeluaran asuransi.
Definisi Ekuitas dan ekuitas pemilik (OE): Dalam pengertian yang paling umum, ekuitas adalah aset dikurangi kewajiban. Ekuitas pemilik biasanya dijelaskan dalam hal persentase saham yang dimiliki seseorang dalam kepemilikan perusahaan. Pemilik saham dikenal sebagai pemegang saham.
Definisi kebangkrutan: Keadaan di mana individu atau organisasi tidak dapat lagi memenuhi kewajiban keuangan dengan pemberi pinjaman saat hutang mereka jatuh tempo.
Definisi prinsip akuntansi yang diterima secara umum (GAAP): Seperangkat aturan dan pedoman yang dikembangkan oleh industri akuntansi untuk diikuti perusahaan saat melaporkan data keuangan. Mengikuti aturan ini sangat penting untuk semua perusahaan publik.
Definisi buku besar (GL): Catatan lengkap dari transaksi keuangan selama umur perusahaan.
Definisi saldo percobaan: Dokumen bisnis di mana semua buku besar dikompilasi menjadi kolom debit dan kredit untuk memastikan sistem pembukuan perusahaan benar secara matematis.
Definisi kewajiban (saat ini dan jangka panjang): Hutang atau kewajiban keuangan perusahaan yang timbul selama operasi bisnis. Kewajiban lancar (CL) adalah hutang yang harus dibayar dalam satu tahun, seperti hutang kepada pemasok. Kewajiban jangka panjang (LTL) biasanya dibayarkan selama jangka waktu lebih dari satu tahun. Contoh kewajiban jangka panjang adalah hipotek multi-tahun untuk ruang kantor.
Definisi perseroan terbatas (LLC): LLC adalah struktur perusahaan di mana anggota tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas hutang atau kewajiban perusahaan. Ini dapat melindungi pemilik bisnis dari kehilangan seluruh tabungan hidup mereka jika, misalnya, seseorang menuntut perusahaan.
Pengertian laba bersih (NI): Penghasilan total perusahaan, disebut juga laba bersih. Pendapatan bersih dihitung dengan mengurangkan total biaya dari total pendapatan.
Definisi nilai sekarang (PV): Nilai saat ini dari jumlah uang di masa depan berdasarkan tingkat pengembalian tertentu. Nilai sekarang membantu kita memahami bagaimana menerima $ 100 sekarang lebih berharga daripada menerima $ 100 setahun dari sekarang, karena uang di tangan sekarang memiliki kemampuan untuk diinvestasikan dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Lihat contoh nilai waktu uang di sini .
Definisi laporan laba rugi (P&L): Laporan keuangan yang digunakan untuk merangkum kinerja dan posisi keuangan perusahaan dengan meninjau pendapatan, biaya, dan pengeluaran selama periode waktu tertentu, seperti triwulanan atau tahunan.
Definisi laba atas investasi (ROI) : Ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan. ROI dihitung dengan membagi laba bersih dengan biaya investasi. Hasilnya sering kali dinyatakan sebagai persentase. Lihat contohnya di sini .
Definisi Individual Retirement Account (IRA): IRA adalah sarana tabungan untuk masa pensiun. IRA tradisional memungkinkan individu untuk mengarahkan dolar sebelum pajak ke investasi yang dapat menumbuhkan penangguhan pajak, yang berarti tidak ada keuntungan modal atau pendapatan dividen yang dikenai pajak sampai ditarik, dan, dalam banyak kasus, dapat dikurangkan dari pajak. Roth IRA tidak dapat mengurangi pajak; namun, distribusi yang memenuhi syarat bebas pajak, sehingga seiring dengan bertambahnya uang, tidak dikenakan pajak pada saat penarikan.
401k & Roth 401k definisi: A 401K adalah kendaraan tabungan yang memungkinkan karyawan untuk menangguhkan sebagian dari kompensasi mereka ke dalam rekening pensiun berbasis investasi. Uang yang ditangguhkan biasanya tidak dikenakan pajak sampai ditarik; namun, seorang karyawan dengan Roth 401K dapat memberikan kontribusi setelah pajak. Selain itu, beberapa pemberi kerja memilih untuk mencocokkan kontribusi yang diberikan oleh karyawan mereka hingga persentase tertentu.
Definisi korporasi sub-bab S (S-CORP): Suatu bentuk korporasi (yang memenuhi persyaratan IRS tertentu) dan memiliki keuntungan dikenakan pajak sebagai kemitraan versus dikenakan ” pajak berganda ” atas dividen dengan perusahaan publik.
Definisi obligasi dan kupon (B&C): Obligasi adalah bentuk investasi hutang dan dianggap sebagai jaminan pendapatan tetap . Seorang investor, baik individu, perusahaan, kota atau pemerintah, meminjamkan uang kepada suatu entitas dengan janji menerima uang mereka kembali ditambah bunga. “Kupon” adalah tingkat bunga tahunan yang dibayarkan atas obligasi.
Memahami istilah akuntansi keuangan bisnis ini membantu Anda mencegah berbagai masalah tersebut dan bisnis menjadi berkembang di tahun-tahun yang akan datang.
Pembukuan adalah dokumentasi transaksi secara kronologis. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mencatat dan memantau transaksi di jurnal pembukuan atau excel, atau menggunakan software akuntansi yang secara otomatis melacak dan memantau setiap transaksi.
Pemilik bisnis dapat menggunakan salah satu dari dua proses pada bagian akuntansi: akuntansi tunai atau akuntansi akrual.
Istilah Akuntansi Tunai (Cash Accounting)
Catatan pendapatan tidak ditambahkan sampai Anda benar-benar menerima cek atau uang tunai, dan pengeluaran tidak dipotong sampai dibayar.
Uang tunai mengabaikan piutang atau utang apa pun, yaitu tagihan atau pembayaran yang belum dilunasi.
Istilah Akuntansi Akrual (Accrual Accounting)
Menghitung pendapatan dan pengeluaran saat terjadi, bukan saat dibayar.
Akuntansi akrual paling umum diterapkan pada bisnis yang menyediakan dan membeli layanan atau produk yang membutuhkan kredit.
Jurnal umum juga disebut buku besar, pada jurnal umum Anda melacak dan mencatat saldo akun per periode secara kronologis.
Anda harus memantau saldo akun, kredit, dan debit, yang kemudian digunakan untuk mendapatkan gambaran besar dari keseluruhan bisnis Anda.
Baca Juga : Mengenal Istilah-Istilah Audit Pada Laporan Keuangan Perusahaan
Aktiva adalah apa pun yang dimiliki perusahaan Anda yang bernilai sesuatu biasa juga disebut sebagai aset.
Ada berbagai cara untuk mengkategorikan aset bisnis, tetapi dua kategori yang paling dasar adalah “lancar” dan “tetap.”
Aktiva Lancar (Current Assets)
Dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam satu tahun. Contohnya seperti akun bisnis, stok, dan barang dagangan.
Aktiva Tetap (Fixed Assets)
Penggunaan aset dengan jangka panjang dan berulang tanpa bermaksud menjual, seperti ruang kantor Anda atau alat berat.
Baca juga: 8 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis
Penghasilan, pendapatan, dan penjualan adalah semua istilah untuk uang yang dibayarkan orang lain kepada Anda untuk sebuah layanan atau produk, atau investasi yang dilakukan orang lain dalam bisnis Anda.
Jika Anda memberikan kredit kepada pelanggan, berarti mereka berutang kepada bisnis Anda untuk dibayarkan di kemudian hari.
Tagihan yang belum dibayar oleh pelanggan masuk ke dalam kategori yang disebut piutang dagang.
Biaya penjualan adalah biaya variabel yang biasanya naik saat Anda meningkatkan penjualan. Sebagai contoh, tenaga kerja dan bahan yang terlibat dalam menyusun suatu produk untuk dijual akan dihitung terhadap biaya penjualan.
Baca Juga : Online dan Digital Marketing: Sebuah Perbedaan Dan Implementasi Terhadap Perencanaan Pemasaran
Margin laba kotor adalah jumlah yang Anda buat sebelum Anda mengurangi biaya barang dan jasa dari penghasilan Anda.
Misalnya, jika Anda membeli mainan dari produsen seharga 100 ribu rupiah, dan kemudian menjual mainan seharga 130 ribu rupiah, marjin laba kotor Anda akan menjadi 30 ribu rupiah.
Berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda? Margin laba bersih mengungkapkan jawabannya setelah Anda mengurangi semua pengeluaran dan biaya.
Ini bisa berupa tenaga kerja atau iklan yang Anda beli di media sosial.
Misalnya, jika biaya 30 ribu rupiah untuk membuat mainan 100 ribu rupiah lalu ditambah biaya bagian 20 ribu rupiah untuk pemasaran, margin laba bersih akan menjadi 50 ribu rupiah (100 ribu rupiah – 30 ribu rupiah – 20 ribu rupiah = 50 ribu rupiah).
Baca juga: Pantau Keuangan Bisnis dari Rumah dengan Software Akuntansi
Pengeluaran atau pembelian tetap yang Anda lakukan untuk bisnis Anda, seperti perangkat point-of-sale, atau asuransi.
Jika Anda melakukan pembelian ini secara kredit, biaya ini dikenal sebagai hutang dagang.
Setiap hutang yang harus Anda bayar dianggap sebagai kewajiban.
Kewajiban mungkin termasuk upah karyawan atau uang yang Anda berutang kepada pemasok.
Baca Juga : Menghitung Keuntungan Bisnis Secara Mudah dengan Indikator Margin Laba
Aset yang mahal, seperti gedung atau laptop, adalah investasi jangka panjang dalam bisnis Anda.
Namun, beberapa aset (seperti furnitur dan kendaraan) akan kehilangan nilainya seiring waktu karena usia,usang, atau karena tidak lagi berguna.
Penyusutan atau depresiasi menurunkan nilai-nilai aset tersebut.
Ekuitas adalah bagian yang Anda atau mitra bisnis Anda miliki atau telah diinvestasikan dalam bisnis, dikurangi kewajiban yang dibayarkan.
Ekuitas juga bisa disebut “modal,” dan mungkin termasuk “investasi modal” dalam aset tetap untuk penggunaan jangka panjang, seperti bangunan yang Anda beli untuk kantor Anda.
Baca juga: Contoh Laporan Keuangan untuk Bisnis Lebih Berkembang
Pada akhir periode akuntansi — seperti pada akhir bulan atau kuartal — suatu bisnis menghitung debit dan kredit yang mereka miliki saat ini dalam buku besar.
Jika Anda perhatikan bahwa neraca tidak seimbang, cari kesalahan dan penyesuaian.
Neraca keuangan adalah laporan dari semua aset, kewajiban, dan ekuitas Anda pada titik waktu tertentu, setelah menyelesaikan neraca saldo.
Neraca Anda mungkin penting jika Anda berharap untuk menjual bisnis Anda di masa depan.
Neraca keuangan harus menunjukkan apa aset yang bisnis miliki setelah Anda menambahkan kewajiban dan ekuitas bersama.
Laporan laba rugi juga dikenal sebagai laporan keuangan pernyataan untung rugi, yang menunjukkan berapa banyak uang yang Anda hasilkan dan berapa banyak yang telah Anda habiskan selama rentang waktu tertentu, seperti seperempat atau satu tahun.
Laporan laba rugi adalah penilaian atas laba dan rugi Anda untuk menentukan laba bersih Anda selama seperempat atau satu tahun.
Baca Juga : 6 Alasan Repotnya Mengelola Stok dalam Bisnis Makanan & Minuman
Laporan arus kas adalah laporan secara real-time yang memantau berapa banyak uang tunai masuk dan dari mana asal uang tersebut (bukan kredit), dikurangi uang tunai yang dikeluarkan.
Arus kas masuk adalah jumlah dari semua uang yang masuk, dari produk atau layanan yang dijual dan langsung dibayar.
Total arus kas keluar adalah jumlah uang yang Anda habiskan untuk bisnis Anda, misalnya, membeli persediaan.
Mempertahankan kondisi arus kas yang sehat dapat membantu Anda menghindari kebangkrutan.