Info lebih lanjut Hubungi !!!
Setiap bisnis perlu memiliki rencana bisnis tertulis. Baik itu untuk memberikan arahan atau menarik investor, rencana bisnis sangat penting untuk kesuksesan organisasi Anda. Tapi, bagaimana Anda menulis rencana bisnis?
Rencana bisnis membantu anda menjalankan bisnis
Rencana bisnis yang baik memandu anda melalui setiap tahap dalam memulai dan mengelola bisnis anda. Anda akan menggunakan rencana bisnis anda sebagai peta jalan untuk menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru anda. Ini adalah cara untuk memikirkan elemen kunci bisnis anda.
Rencana bisnis dapat membantu anda mendapatkan pendanaan atau mendapatkan mitra bisnis baru. Investor ingin merasa yakin bahwa mereka akan melihat laba atas investasi mereka. Rencana bisnis anda adalah alat yang akan anda gunakan untuk meyakinkan orang bahwa bekerja dengan anda – atau berinvestasi di perusahaan anda – adalah pilihan cerdas.
Pilih format rencana bisnis yang cocok untuk anda
Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menulis rencana bisnis. Yang penting adalah rencana anda memenuhi kebutuhan anda. Sebagian besar rencana bisnis termasuk dalam salah satu dari dua kategori umum: startup tradisional atau eksklusif.
Rencana bisnis tradisional lebih umum, menggunakan struktur standar, dan mendorong anda untuk menjelaskan secara detail di setiap bagian. Mereka cenderung membutuhkan lebih banyak pekerjaan di muka dan bisa puluhan halaman.
Rencana bisnis eksklusif startup yang sederhana kurang umum tetapi masih menggunakan struktur standar. Mereka fokus pada meringkas hanya poin terpenting dari elemen kunci rencana anda. Pembuatannya dapat memakan waktu paling sedikit satu jam dan biasanya hanya satu halaman.
Rencana bisnis tradisional memakan waktu tetapi komprehensif
Rencana bisnis tradisional
Jenis rencana ini sangat mendetail, membutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis, dan pemahaman yang komprehensif. Pemberi pinjaman dan investor biasanya meminta rencana ini. Rencana bisnis yang sederhana lebih cepat tetapi tingkat tinggi.
Rencana awal yang sederhana
Jenis rencana ini adalah fokus tingkat tinggi, cepat untuk ditulis, dan hanya berisi elemen kunci. Beberapa pemberi pinjaman dan investor mungkin meminta informasi lebih lanjut.
Format rencana bisnis tradisional
Anda mungkin lebih memilih format rencana bisnis tradisional jika anda sangat berorientasi pada detail, menginginkan rencana yang komprehensif, atau berencana untuk meminta pembiayaan dari sumber tradisional. Saat anda menulis rencana bisnis, anda tidak harus terpaku pada garis besar rencana bisnis yang tepat. Alih-alih, gunakan bagian yang paling sesuai untuk bisnis dan kebutuhan anda. Rencana bisnis tradisional menggunakan beberapa kombinasi dari sembilan bagian ini.
SBA.gov merekomendasikan bahwa rencana bisnis meliputi:
• Ringkasan rencana bisnis – potret bisnis anda
• Deskripsi perusahaan – menjelaskan apa yang anda lakukan
• Analisis pasar – penelitian tentang industri, pasar, dan pesaing anda
• Organisasi dan manajemen – bisnis dan struktur manajemen anda
• Layanan atau produk – produk atau layanan yang anda tawarkan
• Pemasaran dan penjualan – bagaimana anda akan memasarkan bisnis dan strategi penjualan anda
• Permintaan pendanaan – berapa banyak uang yang anda perlukan untuk 3 hingga 5 tahun ke depan
• Proyeksi keuangan – berikan informasi seperti neraca
• Lampiran – bagian opsional yang menyertakan resume.
Ringkasan Rencana Bisnis
Secara singkat beri tahu pembaca anda apa perusahaan anda dan mengapa itu akan berhasil. Sertakan pernyataan misi anda, produk atau layanan anda, dan informasi dasar tentang tim kepemimpinan, karyawan, dan lokasi perusahaan anda. Anda juga harus memasukkan informasi keuangan dan rencana pertumbuhan tingkat tinggi jika anda berencana untuk meminta pembiayaan.
Deskripsi Perusahaan
Gunakan deskripsi perusahaan anda untuk memberikan informasi rinci tentang perusahaan anda. Ceritakan secara detail masalah yang diselesaikan bisnis anda. Bersikaplah spesifik, dan buat daftar konsumen, organisasi, atau bisnis yang akan dilayani oleh perusahaan anda. Jelaskan keunggulan kompetitif yang akan membuat bisnis anda sukses. Apakah ada ahli di tim anda? Sudahkah anda menemukan lokasi yang sempurna untuk kantor atau toko anda? Deskripsi perusahaan anda adalah tempat untuk membanggakan kekuatan anda.
Analisis Pasar
Anda akan membutuhkan pemahaman yang baik tentang prospek industri dan target pasar Anda. Riset kompetitif akan menunjukkan kepada Anda apa yang dilakukan bisnis lain dan apa kekuatan mereka. Dalam riset pasar Anda, cari tren dan tema. Apa yang dilakukan pesaing yang sukses? Mengapa ini berhasil? Bisakah kamu melakukannya dengan lebih baik? Sekaranglah waktunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
Organisasi dan Manajemen
Beri tahu pembaca anda bagaimana struktur perusahaan anda dan siapa yang akan menjalankannya.
Jelaskan struktur hukum bisnis anda. Sebutkan apakah anda memiliki atau berniat untuk memasukkan bisnis anda sebagai perusahaan X atau Y, membentuk kemitraan umum atau terbatas, atau jika anda adalah pemilik tunggal atau hak paten.
Gunakan bagan organisasi untuk menjelaskan siapa yang bertanggung jawab atas apa yang ada di perusahaan anda. Tunjukkan bagaimana pengalaman unik setiap orang akan berkontribusi pada keberhasilan usaha anda. Pertimbangkan untuk memasukkan resume dan CV anggota kunci tim anda.
Layanan atau Lini Produk
Jelaskan apa yang anda jual atau layanan apa yang anda tawarkan. Jelaskan bagaimana hal itu menguntungkan pelanggan anda dan seperti apa siklus hidup produk itu. Bagikan rencana anda untuk kekayaan intelektual, seperti pengajuan hak cipta atau paten. Jika anda melakukan penelitian dan pengembangan untuk layanan atau produk anda, jelaskan secara mendetail.
Pemasaran dan Penjualan
Tidak ada satu cara untuk mendekati strategi pemasaran. Strategi anda harus berkembang dan berubah agar sesuai dengan kebutuhan unik anda.
Tujuan anda di bagian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana anda akan menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda juga akan menjelaskan bagaimana penjualan akan benar-benar terjadi. Anda akan merujuk ke bagian ini nanti saat membuat proyeksi keuangan, jadi pastikan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dan penjualan anda secara lengkap.
Permintaan pendanaan
Jika anda meminta pendanaan, di sinilah anda akan menjelaskan persyaratan pendanaan anda. Sasaran anda adalah menjelaskan dengan jelas berapa banyak pendanaan yang akan anda butuhkan selama lima tahun ke depan dan untuk apa anda akan menggunakannya. Tentukan apakah anda menginginkan hutang atau ekuitas, persyaratan yang ingin anda terapkan, dan jangka waktu yang akan dicakup oleh permintaan anda.
Proyeksi keuangan
Lengkapi permintaan pendanaan anda dengan proyeksi keuangan. Tujuan anda adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa bisnis anda stabil dan akan sukses secara finansial. Jika bisnis anda sudah mapan, sertakan laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas selama tiga hingga lima tahun terakhir. Jika Anda memiliki agunan lain yang dapat Anda gunakan untuk pinjaman, pastikan untuk mendaftarkannya sekarang.
Memberikan prospek keuangan yang prospektif untuk lima tahun ke depan. Sertakan laporan laba rugi yang diperkirakan, neraca, laporan arus kas, dan anggaran belanja modal. Untuk tahun pertama, lebih spesifik dan gunakan proyeksi triwulanan – atau bahkan bulanan -. Pastikan untuk menjelaskan proyeksi Anda dengan jelas, dan sesuaikan dengan permintaan pendanaan anda. Ini adalah tempat yang tepat untuk menggunakan grafik dan bagan untuk menceritakan kisah keuangan bisnis anda.
Lampiran
Gunakan lampiran anda untuk memberikan dokumen pendukung atau bahan lain yang diminta secara khusus. Item umum yang harus disertakan adalah riwayat kredit, resume, gambar produk, surat referensi, lisensi, izin, atau paten, dokumen hukum, izin, dan kontrak lainnya.
Baiklah. Selanjutnya, dibagian lain kami akan memberi contoh bagaimana membuat format rencana bisnis yang tepat.
Disadur dari:
• https://www.sba.gov/business-guide/plan-your-business/write-your-business-plan
• https://www.entrepreneur.com/article/281416
Industri konsultasi adalah salah satu pasar yang paling beragam dalam industri jasa profesional, dan dengan demikian, berbagai jenis konsultan ditemukan di industri tersebut. Selain itu, menjadi ‘konsultan’ bukanlah gelar profesional yang dilindungi seperti kebanyakan profesi lainnya, dan, dengan demikian, siapa pun dapat menyebut diri mereka sendiri sebagai konsultan strategi, manajemen, bisnis, keuangan, SDM, atau TI. Mengingat luasnya wilayah di mana konsultan dapat beroperasi, dan ditambah dengan keragaman tempat kerja yang dapat diakses konsultan, telah terjadi peningkatan tajam dalam jumlah konsultan independen selama beberapa tahun terakhir. Setelah masuk ke dalam industri, definisi umum dari ‘konsultan’ menjadi lebih sulit untuk dicapai.
Selama beberapa dekade terakhir, asosiasi dan analis cabang tertentu telah mengembangkan definisi yang berbeda untuk mengkategorikan beragam jenis konsultan yang aktif di lapangan. Consultancy.org menganut pendekatan yang digunakan oleh Kennedy Information, sebuah agensi riset Amerika yang telah menganalisis pasar konsultasi sejak tahun 60-an (untuk info lebih lanjut lihat halaman di Consultancy Branch). Metodologi di balik pendekatan mereka didasarkan pada enam jenis konsultan inti dalam industri konsultasi:
Konsultan Strategi (Strategic Consultant)
Istilah Konsultan Strategi digunakan untuk menggambarkan konsultan yang beroperasi di tingkat tertinggi pasar konsultasi, dengan fokus pada topik strategis seperti strategi perusahaan dan organisasi, kebijakan ekonomi, kebijakan pemerintah, dan strategi fungsional. Untuk alasan ini, konsultan strategi umumnya melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan oleh manajer puncak, seperti CxO, direktur, dan manajer senior. Melihat bahwa sifat konsultasi strategi berbeda dari bidang lain yang lebih berorientasi implementasi dan operasional, konsultan strategi umumnya memiliki profil yang berbeda dari rekan-rekan mereka. Fokus mereka lebih pada keterampilan kuantitatif / analitik, dan deskripsi pekerjaan mereka lebih banyak berkisar pada pemberian saran daripada mengawasi implementasi.
Konsultan Manajemen (Management Consultant)
Konsultan manajemen, dalam praktiknya juga dikenal sebagai konsultan bisnis atau penasihat organisasi, adalah konsultan yang fokus pada segala macam masalah organisasi mulai dari strategi hingga berbagai elemen dalam manajemen. Dalam metodologi yang dijunjung oleh Kennedy serta Consultancy.org, Konsultasi Manajemen adalah istilah kolektif yang digunakan untuk semua layanan yang termasuk dalam Konsultasi Strategi, Konsultasi Operasi, dan Konsultasi SDM. Oleh karena itu, konsultan manajemen merupakan mayoritas di cabang penasihat – lebih dari setengah dari semua penasihat dapat didefinisikan sebagai konsultan manajemen.
Konsultan Operasi (Operational Consultant)
Konsultan operasi adalah konsultan yang membantu klien meningkatkan kinerja operasi mereka. Kegiatan konsultasi di segmen ini bervariasi dari layanan konsultasi hingga dukungan implementasi langsung, untuk kedua fungsi utama (mis. Penjualan, Pemasaran, Produksi, dll.) Sebagai fungsi sekunder (mis. Keuangan, SDM, Rantai Pasokan, TIK, Hukum, dll.) . Konsultan Operasi membentuk segmen terbesar dalam cabang penasihat, dan mayoritas konsultan aktif dalam salah satu dari banyak area operasi yang mendasarinya. Mengingat operasi sering dikaitkan dengan sisi strategi dan teknologi perusahaan, konsultan operasi aktif secara rutin bekerja berdampingan dengan pakar dari domain tersebut.
Konsultan Keuangan (Financial Consultant)
Konsultan yang beroperasi di segmen Penasihat Keuangan umumnya mengerjakan pertanyaan yang membahas kemampuan keuangan, dan, dalam banyak kasus, juga kemampuan analitis dalam suatu organisasi. Selanjutnya, profil konsultan yang aktif di segmen ini dapat sangat berbeda, dari M&A dan penasihat keuangan perusahaan hingga konsultan manajemen risiko, pajak, restrukturisasi, atau real estat. Konsultan yang mengkhususkan diri dalam penelitian forensik dan sengketa dukungan juga termasuk dalam segmen Penasihat Keuangan. Mayoritas konsultan keuangan bekerja untuk firma akuntansi dan konsultan gabungan yang besar, atau untuk kantor penasihat khusus.
Konsultan Sumber Daya Manusia (HRD Consultant)
Konsultan SDM membantu klien dengan pertanyaan sumber daya manusia dalam organisasi mereka dan / atau dengan meningkatkan kinerja departemen SDM. Topik utama yang menjadi inti dari deskripsi pekerjaan konsultan SDM adalah, antara lain, perubahan organisasi, manajemen perubahan, persyaratan kerja, pembelajaran & pengembangan, manajemen bakat dan pensiun. Konsultan SDM juga dibawa oleh organisasi untuk membantu mengubah budaya bisnis dalam organisasi mereka, atau mengubah departemen SDM mereka, yang mencakup perubahan di bidang desain, proses, dan sistem organisasi, antara lain. Formulir konsultasi SDM, bersama dengan konsultasi strategi, dua segmen terkecil dari industri konsultasi, dan jumlah konsultan yang aktif dalam domain ini, oleh karena itu, lebih rendah daripada yang ada di bagian lain industri.
Konsultan Teknologi Informasi (IT Consultant)
Konsultan teknologi, juga dikenal sebagai konsultan TI, TIK atau digital, fokus membantu klien dalam pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi (TI) dalam organisasi mereka. Konsultan TI fokus pada transisi (proyek) dalam lanskap TIK, berlawanan dengan karyawan TI biasa, yang bekerja pada operasi TI sehari-hari (yang disebut aktivitas ‘bisnis seperti biasa’). Mayoritas konsultan TIK mengerjakan proyek implementasi, misalnya, aplikasi sistem ERP yang ekstensif, di mana peran mereka dapat bervariasi dari manajemen proyek hingga manajemen proses atau integrasi sistem. Dalam konsultasi TI, pasar yang tumbuh paling cepat adalah digital, analitik data (juga dikenal sebagai ilmu data), keamanan dunia maya, dan forensik TI.
Seberapa banyak orang ketika diangkat menjadi pegawai/karyawan berpikir tentang entrepeneurship? Banyakkah atau sedikitkah? Tentunya, tentang berapa persentase-nya mungkin perlu disurvei, berdasarkan populasinya, dan pastinya memerlukan waktu lama.
Terkadang bila seseorang sudah masuk dalam zona nyaman (menjadi pegawai/karyawan) cenderung malas atau enggan memikirkan tentang peluang usaha lainnya, atau menilai kemungkinan terburuk terkait pekerjaannya (PHK, pailit, dll). Mereka terlalu optimis dengan kondisi yang dijalaninya, dan selalu menempatkan positif thinking dalam dominasi pola pikirnya. Padahal dalam kehidupan dunia, dinamisme akan selalu berulang secara terus menerus.
Entrepeneurial mindset sangat penting bagi siapapun tak peduli pegawai, karyawan, ataupun pengangguran. Hal ini bertujuan agar kita tidak memiliki ketergantungan kepada satu-satunya sumber pendapatan (pegawai/karyawan), atau terlalu banyak berharap dapat pekerjaan (bagi pengangguran), apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.
Bagaimana memulai usaha sambilan?
Memulai usaha sambilan bisa berawal dari hobby, kemampuan membaca peluang pasar, strategi pemasaran, dan memperluas jaringan.
Memanfaatkan hobby
Hobby bisa menghasilkan pendapatan sambilan bagi seseorang, dan itu tergantung bagaimana dia mengelolanya.
Membaca peluang pasar
Ketika memiliki hobby, mencoba memadukannya dengan peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan.
Strategi pemasaran
Dalam memasarkan hobby yang memiliki peluang usaha, kita bisa menawarkan kepada teman dan komunitas yang menyukai barang/produk yang kita tawarkan. Namun penggunaan strategi jangka panjang akan lebih baik, misalnya dengan:
a. Membuat website/toko online (kursus web design)
b. Belajar Google SEO (Search Engine Optimation)
c. Google Webmaster
d. Google Analytics
e. Update website/toko online (minimal seminggu 2 kali)
f. Dan lain-lain.
Membangun jaringan
Membangun jaringan sangat penting dalam membangun suatu usaha. Dengan supplier; apabila barang kita penjualan kita strateginya dropship. Dengan konsumen; yang membeli produk agar kita memberikan pelayanan yg baik supaya ada testimoni positif yang bisa meningkatkan jumlah konsumen.
Note:
– Tulisan ini murni hasil pemikiran penulis. Oleh karena itu, mohon maaf apabila ada yang kurang, baik narasi maupun redaksionalnya.
– Dan penulis juga pemilik toko online yang menggunakan sistem dropship.